=== Selamat datang di BLOG SAHLA, Blog ini bukanlah yang terbaik dan terlengkap, tapi Blog ini berusaha untuk memberikan yang terbaik kepada seluruh pengunjung dan terimakasih atas kunjungannya ===

Jumat, 03 Agustus 2012

MAKNA KURMA


          Kurma adalah pohon yang memiliki batang yang tinggi lurus, tumbuh di atas daerah tropis. Keistimewaannya banyak sekali. Buahnya manis, dapat dimakan mentah, setengah mentah atau matang, mudah dipetik dan sangat bergizi lagi berkalori tinggi. Ia mengandung sekitar 20 % air dan 65 % kalori. Masyarakat Arab menjadikan arak dari buah kurma, bijinya sebagai makanan unta, sedangkan dari dahan pohonnya mereka minum airnya. Pelepahnya mereka jadikan bahan rumah kediaman mereka, juga dari pohon itu mereka membuat tikar, tali, bahkan perlengkapan rumah tangga.
          Sedemikian penting dan bermanfaat pohon ini bagi masyarakat Arab sehingga mereka menamakannya karam yang di Indonesiakan manjadi kurma. Kata karam terambil dari akar kata yang terdiri dari huruf-huruf Kaf, Râ dan Mîm, yang mengandung makna kemuliaan, keluhuran budi serta keistimewaan sesuai objeknya.
          Rasul SAW., memperumpamakan seorang mulim dengan kurma. Ini karena manfaatnya sangat banyak. Demikianlah seharusnya seorang muslim.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar